Saat ini kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap peningkatan kesehatan dalam segi mental atau psikis meningkat. Namun, masih belum banyak informasi yang valid mengenai apa itu psikologi. Maka dari itu mulai hari ini dan selanjutnya aku akan berbagi tentang ilmu psikologi, baik dari bahan kuliah atau bacaan-bacaan di luar kuliah.

Psikologi?

Berdasarkan bahasa, psikologi terdiri dua kata yang berasal dari Yunani, psyche (jiwa) dan logos (ilmu). Jadi secara simpel, psikologi adalah ilmu mengenai jiwa. Pada awalnya psikologi hanya termasuk “ilmu kursi goyang” maksudnya hanyalah sebuah kajian hasil diskusi para filsuf. Dalam tulisan pertama dalam mengenalkan psikologi ini akan dirangkumkan beberapa definisi dari para ilmuwan psikologi.

” Psikologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jiwa dan kehidupan jiwa.”

(Bigot, Kohnstamm, dan Palland, 1954)

” Psikologi adalah suatu studi sistematik tentang tingkah laku.”

(Garret, 1961)

“Psikologi adalah studi ilmiah tentang kegiatan-kegiatan individu dalam hubungannya dengan lingkungan.”

(Woodworth dan Marquis, 1961)

” Psikologi adalah suatu ilmu tentang tingkah laku organisme.”

(Ruch dan Zimbardo, 1971)

“Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses-proses mental.”

(Hillgard, Atkinson, dan Atkinson, 1975)

“Psikologi adalah ilmu tentang tingkah laku manusia dan hewan; hal itu meliputi penerapannya pada masalah-masalah manusia.”

(Morgan, King, dan Robinson, 1979)

Dalam perkembangannya kini, psikologi memiliki beberapa perspektif/mahzab yang masing-masing memiliki sudut pandang dan karakteristiknya sendiri-sendiri. Mahzab-mahzab tersebut adalah psikoanalisa, behavioristik, dan humanistik. Dengan fenomena seperti ini, para generalist psychologist kini sedang melakukan pengembangan ilmu psikologi ke arah yang komperehensif, meskipun secara spesialis dan praktikal pengembangan psikologi juga berkembang.

About these ads